Jumat, 25 September 2015

Forum Komunitas Pecinta Hobi di Indonesia yang Bakal Rame

Perlu enggak sih ikutan gabung dengan teman-teman sehobi dari berbagai tempat di Indonesia, bahkan kalau bisa dari luar negeri?
Kata saya sih, perlu banget. Banyak manfaatnya kalau kita ikutan gabung di komunitas-komunitas seperti ini. Selain akan bertambah teman, juga kita akan bertambah ilmu dan wawasan tentang hobi kita itu, bisa mengembangkan hobi itu jadi bisnis atau mencari penghasilan misalnya. Terus, bisa juga menambah ilmu tentang hobi lain yang berhubungan dengan hobi kita. Misalnya saya nih kan hobinya menulis , menbaca,  dan memasak. Dengan gabung di komunitas hobi menulis, bisa lho dapat ilmu tentang ngeblog, desain grafis, editing, copywriting, ghostwriting, kan masih ada hubungannya tuh dengan hobi menulis. Atau dapat tambahan ilmu tentang fotografi, social media strategy, atau tentang jualan buku online, self publishing. Bisa juga dapat jpb dari bidang-bidang itu. Sama sekali enggak ada ruginya. Untung banget malahan.
Sekarang ini sudah cukup banyak forum komunitas pecinta hobi di dunia maya. Saya aja ikutan banyak betul, karena memang hobi saya juga banyaaak banget. Hasilnya teman saya jadi bertambah banyak sekali, dan Alhamdulillah semuanyaaaa baik-baik dan menyenangkan.
Salah satu forum komunitas pecinta hobi di Indonesia yang tergolong unik adalah ForumHobi.com , yang mengumpulkan pencinta hobi dari berbagai jenis hobi yang ada, dalam beberapa subforum. Misalnya ya, ada beladiri, berenang, bersepeda, bisnis online, budidaya, dance, desain, fotografi, dll, bahkan ada hobi yang menurut saya unik, seperti memancing, memelihara ikan hias, dan memelihara burung. Eh, saya juga memelihara ikan hias lho di rumah, tiga ekor ikan cupang yang lucu-lucu dan menggemaskan. Hehehehe.


ForumHobi.com ini memang masih belum terlalu ramai, masih cenderung sepi malah. Tapi ke depannya potensial banget untuk ramai dan nge-hits melihat beraneka ragamnya subforum pecinta hobi yang ada di sana. Manfaatnya juga jelas banget, yaitu bisa menambah wawasan, ilmu dan lingkup networking antara sesama pecinta hobi atau dengan pecinta hobi yang lainnya. Dari situ bisa deh digarap proyek-proyek kreatif oleh individu, kelompok, atau oleh ForumHobi.com sendiri sebagai sebuah komunitas besar nantinya. Manfaat lainnya adalah mempermudah para pecinta hobi mencari hal-hal penting seputar hobinya. Misalnya para pecinta ikan hias bisa mendapat info seputar penyakit yang diderita ikannya, misalnya.
Sayang banget nih, tampilan web nya masih sepiii. Masih kurang variatif. Misalnya masalah warna, yang masih didominasi abu-abu. Mungkin kalau diganti warna yang cerah-cerah gitu akan makin menarik dan bikin pengunjung lebih betah. Selain itu buttons yang ada masih terasa agak ribet digunakan. Saya saja waktu pertama kali berkunjung ke sana, agak kesulitan mencari subforum hobi saya yaitu menulis dan kuliner. Ternyata dia ada di ‘forum’ dengan urutan sebagai berikut: Home à Forums à Pecinta Hobi à (scroll down) Menulis.
Misalnya dibikin begini : Home à Forums à Menulis dll (langsung hobi-hobinya bisa di-scroll down dari sini).


Oh iya, itu ajakan untuk Registrasi yang ada gambarnya pak Kumis itu kayaknya menghalangi pandangan mataku deh…hihihi. Cakep sih ada button untuk close itu gambar. Saya cari-cari enggak ada. Jadi ya sudahlah, pasrah saya sama si gambar pak Kumis ini. Oh ternyata juga ya, gambar pak Kumis ini bergantian dengan nona cantik berpakaian agak seksi. Aduuuh, boleh enggak saya usul untuk diganti nih gambar si seksi ini? Kurang nyaman ya jika diakses oleh anak-anak atau remaja.  Punteeen, ini sekedar saran lho.


Salah satu kelebihan ForumHobi.com ini adalah mudah diakses oleh mesin pencari. Dia ada di halaman pertama, peringkat pertama. Memudahkan banget. Mungkin karena memang belum banyak forum sejenis.
Yang membedakan ForumHobi.com dengan forum sejenis ya itu tadi, di sini semua pecinta hobi ngumpul dan harusnya sih bakal seru banget kalau sudah ramai. Bisa jadi ForumHobi.com akan menjadi satu-satunya Komunitas Pecinta Hobi diIndonesia yang pertama dan yang menyatukan semua pecinta hobi. sementara kebanyakan forum pecinta hobi yang lain biasanya hanya menghimpun pecinta satu jenis hobi saja. 
Saran saya juga, promosi komunitas ini di berbagai media social harus lebih gencar. Terus, coba deh ForumHobi.com mengadakan lebih banyak event, selain lomba blog ini. Misalnya lomba di Instagram, lomba bikin resep masakan untuk pecinta hobi memasak/kuliner, lomba foto hewan peliharaan atau tanaman hias, lomba dubsmash hewan peliharaan atau burung hias, lomba desain dll. Jangan lupa juga adakan kopdar yang cukup sering, ini penting untuk jalinan silaturahmi sesama pecinta hobi. Jadi sponsor untuk beberapa acara terkait atau ikut festival komunitas dan festival media social juga perlu dipertimbangkan lho.
Saya sih optimis kalau ForumHobi.com akan makin besar di waktu yang akan datang dan akan menarik makin banyak pecinta hobi untuk jadi member atau admin. Moga-moga lomba review blog ini menjadi salah satu jalannya.

Yuk ah ramaikan ForumHobi.com dan perluas networking kita di sini….

1 komentar: