Jumat, 24 Januari 2014

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Di era teknologi internet saat ini, nyaris semua bidang pekerjaan dapat dipermudah dengan bantuan internet dan, terima kasih untuk siapapun yang menemukannya, media sosial. Terlebih lagi bidang perdagangan. Semua produk barang dan jasa bisa banget dijual di dunia maya, lewat facebook, twitter, path, muzy, instagram, dan blog. Gratiiiis pula. Sudah tak terhutung deh banyaknya, para pengusaha kecil yangnsukses berkat bantuan si sosial media ini.

Tapi jangan salah, banyak juga lho yang enggak maju dan enggak mundur alias stuck enggak bergerak, meski sudah menggunakan segala macam jenis osial media. Nge-tweet, bikin status di facebook, sampai pajang foto produk tiap beberapa menit sekali di instagram, path, dan muzy, tapi tetaaaap saja...enggk ada efek yng signifikan. Hoho... Bagaimana ini bisa terjadi?

Eits, ada juga lhooo yang akhirnya mati sendiri. Toko online nya bubar dan cuma jadi sampah dunia maya.

Kita tentu enggak pingin kejadian ini terulang pada toko online kita kan? Harus ada usaha yang lebih ok ketimbang rajin posting doang.

Sebelumnya, coba kita lihat dulu, ada macam-macam hal yang bisa kita lakukan dengan 'toko online' sambil memanfaatkan media sosial di internet.

Pertama, membuat Toko Online Murah.

Jangan salah, toko online mah banyak banget kaliiii. Jutaan toko online bisa dengan mudah kita temukan di internet. Kadang-kadang malah bikin flooding di timeline facebook atau twitter kita. Nah, yang agak jarang itu Toko Online Murah. Jadi kita menjual barang dengan kualitas bagus tapi dengan harga lebih muraaah dibandingkan di toko atau warung atau mall...atau jika dibandingkan dengan toko online lain.

Tokobagus dan Blibli adalah salah satu contohnya. Eh, by the way, barang-barangnya lucu-lucu lho. Kemarin, teman saya dapat cetakan kue lucu banget dari Blibli. Hehe. Atau di Facebook ada teman saya, sepasang suami istri, buka toko online murah khusus buku. Whoaaa melotot gembira deh kalau lihat koleksi jualannya. Bisa add tuh ke Facebooknya :Omah Bukumurah.

Hahaha, spoiler banget ya. Enggak kok, saya cuma sedikit kasih gambaran tentang keunikan toko online murah. Mereka diminati pembeli karena barangnya bagus dan harganya murah. Oh, ya, tentu harus dilengkapi pelayanan yang prima ya. Jasa kurir yang dapat dipercaya dan siap terima komplen kastamer juga enggak boleh dilupakan ya. Pokoknya dilarang pasang status atau reply-an jutek aja kalau dikomplen kastamer.

Terus dapat barangnya darimana kalau mau buka toko online murah ini? Nah, itu mari kita tanyakan pada mereka-mereka yang saya sebutkan di atas tadi ya. Wkwkwk.

Kedua, Toko Online Murah dengan Facebook Commerce Method

Ini caranya gimana lagi? Nah, ini nih kerjaannya Lakubgt.com. Jadi toko online murah kita di-upgrade dengan metode Facebook Commerce. Dengan metode ini kita menjadi mudaaah banget memasarkan produk kita, juga untuk menjaring kastamer yang potensial. Kastamer kita dapat dengan mudah melihat produk dan melakukan pembelian produk langsung di Facebook Fanpage kita tanpa keluar dari halaman Facebook. Jadi enggak usah inbox, sms, whatsapp, atau BBM deh.

Gimana caranya? Ya hayuuu hubungi si Lakubgt.com. Selain itu, dengan Lakubgt.com paling tidak, ada 12 keunggulan lain dari upgrading toko online murah kita tadi.

1. Toko online murah kita bisa diakses dengan baik melalui perangkat mobile pada smartphone kastamer. Fitur All Device Friendly sudah disediakan Lakubgt.com, dimana kastamer tinggal mengetik nama domain toko kita pada browser mereka.

2. Dengan product management dari Lakubgt.com, pelanggan lebih mudah menemukan produk kita dan kita sebagai penjual juga dapat mengkategorikan produk sesuai dengan kategori, jenis, dan variasi. Kita juga lebih mudah untuk melakukan input produk ke toko kita melalui admin panel Lakubgt.com yang didesain user friendly.

3. Kita dapat meng-custom desain toko online murah kita sesuai keinginan, mulai dari logo, desain slider, serta posisi display produk, bisa sangat mudah dikonfigurasi sehingga tampilan toko menjadi lebih menarik dan produk lebih mudah diakses.

4. Kita dapat memonitor Facebook Store kita berikut report dari penjualan toko. Jadi, kita bisa dengan mudah mengetahui perkembangan penjualan toko secara langsung, mengetahui data pemesanan jika ada yang melakukan order, dan mengetahui produk apa saja yang paling banyak dibeli.

5. Kita akan selalu dikasih tahu via email kalau ada transaksi pada toko online murah kita, secara real time berikut detail transaksi dalam bentuk PDF. Jadi kita bisa langsung memproses pemesanan saat itu juga.

6. Kita dapat mengangkat maksimal tiga admin untuk Facebook Store dengan akses terbatas sehingga staff kita bisa bantu kita untuk set up, memanage toko, dan memonitor Facebook Store kita. Enak kan ada yang bantuin...

7. SEO (Search Engine Optimization) toko kita lebih mudah dioptimasi dan didesain secara user friendly agar lebih mudah mendapat ranking yang baik dan mudah ditemukan pada mesin pencari, baik yahoo, google, dan bing.

8. Toko online murah kita terintegrasi dengan 137 Bank di Indonesia melalui IPAYMU dan PayPal yang siap menerima pembayaran dari seluruh dunia. Wihiii...go international jadi lebih siap dong ya.

9. Kita juga dapat mengaktifkan fitur Escrow (Rekening Bersama) dari Lakubgt.com yang sudah langsung terintegrasi dengan Toko online murah kita sebagai opsi pembayaran untuk meminimalisasi penipuan agar transaksi dengan kastamer kita menjadi lebih mudah dan aman.

10. Kita enggak perlu lagi susah-susah menghitung ongkir alias ongkos kirim karena toko online kita nih sudah otomatis  mengkalkulasi ongkir ketika kastamer melakukan order. Wooo enggak repot kan?

11. Kita dapat mengetahui jumlah fans fanpage toko kita setiap hari serta melihat grafik pengunjung. Kita juga bisa mengetahui report postingan yang dilihat banyak fans perharinya. Ini namanya fitur Facebook Analytic.

12. Ada fitur Facebook Smart Tagging yang memungkinkan kita langsung tag gambar kepada teman-teman. Ini bagus banget untuk viral marketing karena semua teman yang di-tagged bisa mendapat notifikasi dan informasi tentang gambar yang ditandai.

Ih keren banget deh nantinya toko online murah kita nih. Kalau teman-teman sudah punya konsepnya dan sudah siap buka toko online murah... Sokk atuh langsung dihubungi si Lakubgt.com ini....

Alamatnya di Jl. Sunset Road nomor 8E, Kuta Bali. Atau bisa telpon ke (0361)7431026 dan faks ke (0361)766272.

Ketiga, beriklan dengan biaya minim.

Haha ini sayyaaa bangeeet....irit hingga tarikan nafas penghabisan, wkwkwk. Ada sedikitnya lima cara buat beriklan irit ini.

1. Gunakan strategi dari mulut ke mulut.
2. Gunakan strategi sms. Tapi untuk yang ini, saya sarankan jangan kayak strateginya tukang KTA, jualan HP, racun tikus elektronik, apalagi mamah minta pulsa dan transfer ya ke rekening si ini. Boro-boro bisa laris dan. Erjah dagangan kita, yang ada kita dikutuk jadi kodok ntar.
3. Manfaatkan blog dan SEMUA jejaring sosial. Ingat ya, SEMUA... Biar nge-hitz. Jangan lupa ikuti dan buatlah beberapa komunitas yang sesuai dengan produk kita.
4. Pasang iklan di situs iklan gratis seperti tokobagus.com, berniaga.com, craiglist.org.
5. Buat video tutorial yang bersifat implisit tentang usaha anda di Youtube. Ingat jangan bikin video iklannya di Youtube karena Youtube melarang pembuatan video yang bersifat iklan.
6. Ikutlah program afiliasi toko online sehingga ketika ada yang mengklik afiliasi kita, dia bisa sekalian melihat produk kita. Siapa tahu tertarik? Oh iya dengan ikut program afiliasi toko online ini kita juga bisa dapat uang lhoo.

Keempat, usahakan agar bisnis/usaha kita diliput oleh media.

Weitss, caranya gimana? Sabar... Sabarr.... Paling tidak, ada enam tips agar usaha atau produk kita diliput media:

1. Cari tahu keinginan atau kebutuhan bahan liputan media tersebut atau wartawannya, lihat dari isi twitter atau facebook mereka.
2. Jadikan keunikan produk atau usaha kita ini sebagai bahan cerita. Sebarkan enggak hanya dari mulut ke mulut, tapi juga di semua jejaring sosial yang kita miliki.
3. Buatlah media sosial dengan semenarik mungkin. Buat posting atau status yang unik dan bermanfaat.
4. Mention media atau wartawannya di twitter, dengan tweet yang menarik dan sesuai dengan mereka.
5. Ikuti perkembangan berita dan berpartisipasi. Misalnya ikuti pameran dan seminar, berusahalah paling tidak, buka satu stand kecil yang unik dan 'terlihat'.
6. Gunakan website jika memungkinkan, agar media dapat dengan mudah menemukan sumber-sumber pendukung untuk mengetahui lebih dalam tentang produk kita.

Kelima, banyak berbagi.

Ini nih resep yang kadang kita lupa. Makin banyak berbagi, akan makin banyak kebaikan yang kita dapat, juga keberkahan dan perlindungan dari hal-hal buruk. Berbagi ilmu, harta, dan wawasan, tidak pernah membuat kita jadi miskin, bodoh, atau susah. Justru sebaliknya. Seluruh alam dan Tuhan akan menyayangi kita dan semua usaha kita yang baik.

Nah, jadi begitu cara meningkatkan penjualan toko online. Enggak susah, tapi ya kalau enggak dicoba, ya enggak bakal bisa. Yuuk, terus belajar dan berusaha. Jangan lupa doanya yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar