Minggu, 30 Oktober 2016

Catfiz, Messenger Wajib Bagi Pekerja Sosial Media

Dunia teknologi informasi kini semakin berkembang, bahkan bidang pekerjaan kreatif yang berhubungan dengan sosial media yang berbasis teknologi informasi semakin menjadi profesi yang menjanjikan. Dengan hanya bermodal smartphone dengan aneka aplikasi yang memudahkan pekerjaan, seorang social media enthusiast bisa menjalankan profesinya. Tanpa harus repot keluar rumah dan menembus kemacetan serta ketidaknyamanan mengejar jam kerja, para pegiat sosial media bisa berkarya hanya dari rumah saja bermodalkan smartphone.

Salah satu aplikasi penting dan wajib dimiliki oleh seorang pekerja sosial media adalah aplikasi messenger. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi messenger yang bisa dipilih untuk memudahkan pekerjaan kita sebagai orang sosial media. Masing-masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri. Kalau mau lengkap sih, ya download atau install semuanya. Ini yang saya lakukan pada awalnya. Akibatnya? Smartphone saya yang waktu itu berjenis Blackberry Gemini 8520 sering error dan hang karena keberatan aplikasi. Mau enggak mau, smartphone saya tambah.

Sebentar saja itu menyelesaikan masalah, namun masalah yang sama kembali berulang. Tentu saja, karena aplikasi yang diinstall semakin banyak, termasuk game naga kesukaan saya, belum lagi game anak-anak. Belum lagi file berisi foto dan video yang cukup memakan memori penyimpanan data. Wah kalau gini, sebanyak apapun aplikasinya, bakalan hang melulu dong, pikir saya.



Meet Catfiz....


Untunglah saya kemudian menemukan aplikasi buatan anak bangsa yang kreatif, namanya Messenger Catfiz. Lambangnya kayak ikan lele gitu, ya mungkin sesuai dengan arti bahasa Inggrisnya lele kan catfish ya. Aplikasi ini dapat didownload di android versi 3.0 ke atas. Istimewanya, kita download satu aplikasi, dan kita dapatkan banyak sekali kelebihannya, yaitu :
1.    Penampakan Chat Catfiz mirip seperti BBM, namun lebih ringan dan kompak, enggak lemot seperti BBM, banyak jam pasirnya. Oh ya, seperti BBM yang memberi PIN saat pertama kali mendaftar, di Chat Catfiz ada NIC (Nomor Identifikasi Catfiz). Sama saja sih prosedurnya kayak daftar BBM gitu.
2.    Yang orang dulu sering main YM-an pake nge-buzz,… nah bisa nostalgia deh dengan Catfiz. Kalau kita mau memulai percakapan namanya nge-buzz atau nge-blitz. Yaa semacam nge-ping gitu kalau BBM.
3.    Emotnya banyaaaak….haaa senangnyaaa…. buat yang suka bercakap-cakap menggunakan emot, kayak saya, ini bikin happy banget. Lengkapppp.
4.    Kapasitas pengiriman datanya banyak bangeeet, yaitu 500 MB, artinya kita bisa kirim file, foto, atau video tanpa lemot. Penting banget buat melancarkan kerjaan para social media enthusiast kayak saya.
5.    Grup Catfiz bisa menampung anggota 2000 orang. Kebayang enggak kita bikin grup Pembaca Buku si Ifa sampai anggotanya 2000 orang gitu? Seru banget pastinya kan?

Itu dia kelebihan Catfiz dari messenger lain yang sejenis. Sayangnyaaa, dia belum ada untuk versi IOS dan Windows Phone-nya. Jadi baru pengguna android versi 3.0 saja yang bisa menikmati kelebihannya.

Terus, apa gunanya Catfiz Messenger bagi para pekerja sosial media? Ya banyak lah, misalnya:
1.    Komunikasi one to one, dengan klien, penerbit, atau agency.
2.    Bikin grup sesama pekerja sosial media
3.    Bikin grup pembaca blog atau karya kita yang sudah dibukukan
4.    Bikin networking dengan teman-teman baru di grup Catfiz-nya, bisa sambil cari job atau update karya kita.

Oh iya, tadi saya sebut Catfiz adalah karya kreatif asli anak bangsa kita, Siapa sih penciptanya?
Mereka adalah empat orang alumni Institut Teknologi Surabaya atau ITS, yaitu jagad Ariseno, Mochamad Arfan, Aryo Nugroho, dan Mochamad Nur Al-Azzam. Hebat ya? Ini benar-benar prestasi yang membanggakan sekaligus membantu banget bagi para pekerja sosial media seperti saya, Terima kasih ya, Guys.


Tuh, mereka sudah menciptakan karya kreatif. Saya kapan? Kalau kamu? Ya kamu… yang malah sibuk kirim-kirim foto selfie lewat Catfiz…hehehe…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar