Rabu, 31 Agustus 2016

5 Tips Ajak Bocah Naik Bus Pariwisata

Mengajak anak-anak untuk pergi traveling atau berwisata memang susah susah gampang. Gampangnya karena anak-anak umumnya menikmati perjalanan dengan pemandangan yang indah, atau unik, yang jarang atau tidak pernah mereka temui di daerah tempat mereka tinggal. Anak-anak saya yang berusia di bawah sepuluh tahun ada dua orang, Ahya si delapan tahun, dan Bebeb si lima tahun. Keduanya bocah laki-laki yang aktif. Kalau Bebeb aktif bergerak kesana kemari enggak mau diam, kecuali kalau sedang tidur. Itupun masih disertai dengan gerakan kaki dan tangan yang bagai pesilat. Sedangkan Ahya termasuk anak yang tidak bisa berhenti ngomong atau bercerita, ya senang bergerak juga sih. Kebayang kan bagaimana repotnya mengajak mereka traveling lewat jalan darat?

Beberapa menit hingga setengah jam pertama, pasti mereka asyik melihat dan berceloteh tentang apa-apa yang mereka temui sepanjang perjalanan. Tapi menit berikutnya, jam demi jam setelahnya? Apalagi kalau mereka tidak kunjung mengantuk. Pasti kemudian kerusuhan yang terjadi, entah mereka ribut bertengkar, atau berteriak dan bernyanyi sehingga sangat mungkin mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Jadi harus disiasati nih, bagaimana bisa traveling dengan mereka tanpa melibatkan hobi mereka, yaitu memancing… memancing kerusuhan maksudnya. Hehehe.

Saya punya paling tidak, lima tips yang terbukti aman dan ampuh buat sedikit mencegah dampak keributan jika traveling lewat jalan darat dengan mereka.

1.      Pastikan membawa buku, gadget, atau apa saja permainan yang bisa menyibukkan mereka. Untuk gadget berupa smartphone atau tablet, sediakan kuota yang banyak, agar mereka bisa lumayan asyik sebentar dua bentar, sementara emak dan bapak menarik nafas sejenak…inhale…exhale…ya mak, ya pak.
2.      Pastikan memilih transportasi yang nyaman, bersih, ber-AC, dengan supir yang trampil mengendalikan mobil supaya baik jalannya. Ini bisa ditemukan di BhinnekaSangkuriang sebuah layanan bus pariwisata ke berbagai kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah, yang kantornya berpusat di Cirebon. Jurusan Cirebon- Jakarta juga ada. Bisa pilih yang AC atau non AC. Busnya nyaman, fasiltasnya lengkap, lega, dan terawat dengan baik. Ada pilihan bus medium nya juga kok.
3.      Bawa bekal snack yang mengenyangkan sehingga bikin mereka mengantuk, dan cepat pulas. Jangan bawa minuman banyak-banyak, karena selain berat dan rempong membawanya, juga kalau dibawa perjalanan jauh suka berubah temperatur, dari dingin hingga hangat dan kemudian menjadi sepanas baru dimasak.
4.      Bawa bantal yang cukup, tapi kalau di Bus Pariwisata Bhinneka Sangkuriang mah, kursinya saja sudah nyaman kok. Dijamin anak-anak pulas tidurnya.
5.      Bawa stock kesabaran yang bisa diisi ulang kapan saja dan dimana saja ya mak… namanya juga bocah, ya enggak afdol kalau enggak pakai acara ramai mah.


So… happy traveling with kids now…. Off we go with Bhinneka Sangkuriang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar